Tips Merebus Pasta agar Al Dente

Bunda...siapa sih yang gak kenal pasta. Makanan ala italia ini belakangan sudah sangat familiar di lidah masyarakat indonesia. Bukan hanya di restoran mahal, bahkan di warung atau cafe pinggir jalan aja uda ada pasta lho. Misalnya macaroni, fettucini, fussili, penne dan yang sekeluarga dgn mereka.

Tetapi ternyata merebus pasta itu memiliki trik khusus lho. Karena kalo di italia nya sono mereka ingin agar pasta itu sampai pada konsistensi yang disebut al dente. Apa itu al dente
Al dente adalah keadaan dimana pasta itu masih chewy atau kenyal kenyal, tidak terlalu matang sampai lembek atau lodroh. Nah, untuk mencapai al dente ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya : 

  1. Air
    Usahakan pada saat merebus posisi air merendam pasta secara keseluruhan. Dan sebaiknya memasukkan pasta saat air sudah mendidih. Karena merebus pasta tidak memerlukan waktu yg lama.
  2. Gunakan minyak & garam
    Minyak digunakan agar pasta tidak lengket saat dimasak, sedangkan garam untuk memberi rasa gurih atau asin pada pasta.
  3. Lama memasak.
    Lama memasak pasta sangat tergantung pada pasta yang kita gunakan. Bila pasta yg kita gunakan adalah pasta kering dalam kemasan, sebaiknya merebusnya selama 5-6 menit. Tpi bila yg digunakan adalah pasta basah seperti mie, maka merebusnya hanya membutuhkan waktu 2-3 menit saja.
  4. Pemeriksaan
    Cara trbaik untuk memeriksa pasta apakah sudah al dente atau belum adalah dengan mengigitnya. Tidak perlu malu lho bun untuk mengigitnya, karena chef kelas internasional juga masih menggunakan metode ini.
  5. Bilas
    Setelah pasta al dente, maka angkat dan bilaslah pasta dengan air bersih. gunanya untuk menghilangkan rasa getir dan membersihkan pasta dari bekas lunturan tepung saat direbus tadi.
  6. Beri minyak zaitun
    Untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat lagi, beri sedikit minyak zaitun pada pasta lalu aduk hingga tercampur rata. Selain memberi rasa, ini juga agar pasta tidak lengket.
Nah itulah sedikit tips dalam memasak pasta agar al dente bunda. Jadi uda taukan al dente itu apa...hehehe. Sekarangnya saatnya kita coba yuukk...

Happy Cooking ^_^

Related Posts:

0 Response to "Tips Merebus Pasta agar Al Dente"

Posting Komentar

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar ya bunda

About Me

Foto saya
Seorang wanita yang ingin menjadi istri yang baik buat suami dan keluarga. Mencoba belajar dan berbagi resep masakan yang mudah bersama bunda sekalian. Jangan lupa komen & share ya... ^_^